Author Guidelines

Al-Qiyadah journal is a peer-reviewed journal that published twice a year and focuses on study and issues in Islamic education management. The purpose of publishing articles and study reports is to help readers understand Islamic education and current events better.

The journal extends an invitation to scholars and experts who are involved in all aspects of Islamic education management. Articles should be original, research-based, never before published, and not being examined at by other journals to be published. All submissions that do not comply to our guidelines on formatting or length will be automatically discarded without undergoing review.

  • General Guide

The article has not been published in other journals or other places.

The article should be written in English (United States of America English) or Indonesian with a formal style and structure.

The article should be written in a Word document (Microsoft Word), 1, 1 space, 12pt Times New Roman, 5.500 to 8.000 words.

The article is an original work of the author/s.

The author/s have responsibility to check thoroughly the accuracy of citation, grammar, table, and figures before submission.

The author/s have responsibility to revise their article after receiving a review from the editorial boards.

The author/s should register at the e-journal of Al-Qiyadah: Jurnal Manjemen Pendidikan Pendidikan dan Keislaman before submitting their paper and fill out the form completely.

The article should be submitted online.

The articles will be reviewed by Editorial Board.

Articles are written with systematics as follows:

  • Format

The article file must be written in Microsoft Word format. We do not accept other formats, such as LaTex files or PDFs.

  • Article Length

The article's length ranges from 7-16 pages, including references. 6.000 of 9.000 words.

  • Article Organization

The body of the article should be set (at least) using an IMRaD structure like the following:

  • Abstract
  • INTRODUCTION
  • METHOD
  • RESULT & DISCUSSION
  • CONCLUSION
  • REFERENCES
  • ACKNOWLEDGEMENT* [*optional]
  1. PENDAHULUAN (12pt, bold, kapital)
  2. Isi Pendahuluan

Pendahuluan berisi latar belakang dari permasalahan, rumusan masalah, tujuan penelitian, penelitian terdahulu, novelty dan argumentasi). Pendahuluan merupakan tahap awal dalam proses memperkenalkan tulisan agar supaya pembaca tertarik. Pada tahap ini, penulis memberikan informasi kepada pembaca terkait penelitian yang dilakukan. Tujuan dari bagian ini tidak lain adalah untuk memberikan pembaca latar belakang penelitian dengan jelas dan akurat yang diarahkan terhadap deskripsi metode yang digunakan dalam penelitian penulis. Oleh sebab itu, pendahuluan harus memuat latar belakang umu permasalahan yang ditemukan dengan singkat dan berurutan. Penulis harus memberikan informasi yang cukup terhadap pembaca dengan menyajikan kerangka teori yang lebih luas serta diskusi relevan yang lebih luas agar mudah dipahami oleh pembaca. Penulis juga diharuskan menyatakan dengan jelas posisi penelitian yang sedang dilakukan dengan penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan dalam tinjauan Pustaka sebagai dasar terciptanya penelitian yang terbaru dari penelitian sebelumnya.

Format artikel ilmiah tidak diperkenankan untuk menuliskan referensi seperti pada laporan penelitian. Penulisan harus berupa perwakilan dari tinjauan Pustaka untuk menunjukkan artikel ilmiah yang baru. Selain itu, semua informasi latar belakang yang dikumpulkan dari sumber lain tentu saja harus dikutip secara tepat sehingga kebaruan, dan orisinalitas penelitian dapat diketahui dengan jelas. Pada bagian akhir pendahuluan, harus menyatakan rumusan masalah, tujuan, argumentasi, dan hipotesis dasar dari penelitiannya. Setiap data yang dikutip dari sumber lain diharuskan untuk menyertakan sitasi dengan format Chicago Manual of Style 17th Edition (full note).

Artikel diketik pada kertas A4 (210x297) dengan format 1 kolom dengan margin: bawah 2.5 cm, atas 2 cm, dan kanan 2 cm. Font yang digunakan Times New Roman 12 poin. Margin setiap awal paragraf adalah 1.27 cm (first line). Jarak baris antar kalimat adalah 1 spasi dengan before dan after 0 pt. dengan format rata kanan dan kiri (justify). Penulisan Bahasa selain Bahasa Indonesia dicetak miring (Italic). Dokumen disave dengan format RTF, kemudian naskah disubmit dengan template “nama penulis – judul artikel”. Naskah yang dikumpulkan adalah hasil dari penelitian atau kajian konseptual dengan jumlah kata minimal 6.000 dan maksimal 9.000 kata atau dengan ketentuan 7-16 halaman.

  1. Format Tabel

Ketentuan untuk penyajian tabel pada jurnal ini adalah dengan jarak antara row adalah 1 spasi. Kategori tabel huruf ditebalkan (bold), dan penulisan sumber setelah tabel terakhir. Jika tabel bersambung ke halaman selanjutnya maka blok row kategori tabel dengan kemudian di klik layout-> repeat header rows seperti format tabel di bawah ini:

Tabel 1: Judul Tabel (f11 p., Justify)

No.

Nama

Data

Persentase

Hasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber:

  1. Format Gambar

Format gambar, grafik, diagram, dan yang serupa diharuskan menggunakan format wrap text gambar => in line with text atau menggunakan fitur text box, untuk kestabilan terhadap perubahan format dan pergeseran. Jarak antara kalimat terakhir dan sesudah gambar adalah 1 spasi. Posisi gambar berada di Tengah (center) seperti gambar di bawah ini:

Gambar 1: Judul Gambar (f10 p., Center)

Sumber: (f10 p., Center, 1 Spasi)

(1 spasi)

METODE PENELITIAN

(Metode penelitian harus dijelaskan secara ilmiah, rinci dan praktis, bukan secara konseptual). Metode penelitian berisi jenis metode yang digunakan, jenis pendekatan yang digunakan, uraian data kualitatif atau kuantitatif dan atau metode campuran (kualitatif dengan kuantitatif), sumber data, pengumpulan data, dan prosedur Teknik analisis data.

Bagian ini memuat informasi yang cukup sehingga pembaca dapat memahami praktik yang dilakukan oleh penulis. Disarankan untuk menghindari penjelasan yang bersifat konseptual yang panjang lebar tentang arti istilah dari metode penelitian, pendekatan yang dilakukan, atau jenis dari penelitian yang dilakukan. Sebaliknya, penjelasan diharapkan lebih mengarah terhadap bagaimana data diperoleh, pemberian kode, dan analisis yang dilakukan. 

(1 spasi)

HASIL DAN BAHASAN

Sub judul untuk rumusan masalah 1 (sub judul di cetak miring (Italic))

            Hasil dan bahasan merupakan hasil dari penelitian dan analisis yang dilakukan. Bagian ini harus di tulis dengan ringkas, tepat, dan terstruktur. Hasil penelitian disampaikan secara kuantitatif dan / atau kualitatif dan / atau campuran secara jelas dan lengkap dengan menggunakan tambahan informasi dalam bentuk gambar / grafik / tabel / uraian secara ilmiah.

            Kemudian di pembahasan berisi diskusi kritis yang berlandaskan dengan kerangka teoritis atau perspektif yang relevan dari penelitian yang sebelumnya yang relevan dengan penelitian.

(1 Spasi)

SIMPULAN

Bagian ini berisi temuan utama, implikasi, keterbatasan, kontribusi, dan saran untuk penelitian selanjutnya yang relevan. Oleh sebab itu, simpulan berisi jawaban dai dilakukannya penelitian yang dipaparkan secara jelas, sederhana, ringkas, tepat, padat, berisi, dan layak dipublikasikan dalam jurnal ilmiah. isi dalam bagian ini tidak diperbolehkan berupa kalimat yang terdapat dalam abstrak, atau hasil dan bahasan. Simpulan dapat berupa generalisasi hasil temuan yang sesuai dengan rumusan masalah.

(1 Spasi)

DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka yang digunakan oleh jurnal ini adalah Chicago Manual of Style 17th Edition (full note). Pastikan setiap referensi yang dikutip di dalam naskah terdapat dalam daftar Pustaka dan sebaliknya. Hindari self-citations berlebihan dan kutipan publikasi yang berlebihan dari satu sumber. Periksa setiap referensi terhadap sumber asli. Jika tersedia DOI referensi harus disebutkan. Dan diharuskan menggunakan Aplikasi Referensi Manajer seperti Zetero, Mendeley, EndNote, dll.

 

Focus and Scope

Al-Qiyadah: Jurnal Manjemen Pendidikan dan Keislaman (Journal of Education Management and Islam) focuses on the publication of scientific research result related to:

  1. Islamic Education Management,
  2. Islamic Education Leadership,
  3. Islamic School Management,
  4. School Supervision, and
  5. Education management covering textual investigation and field investigation with the perspective of education, philosophy, history, theology, sociology, anthropology, political science related to Islamic Education Management.